Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Usaha Cuci Motor Pun Harus Berizin
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Usaha Cuci Motor Pun Harus Berizin

Diposkan oleh Unknown on Wednesday, September 19, 2012

     OPEN YOUR MIND. USAHA pencucian sepeda motor dan mobil sekarang ini cukup menjamur di Kota Banjarmasin. Hampir di setiap sudut kota ada saja orang yang membuka usaha ini. Tak perlu keterampilan khusus untuk buka usaha ini. Asalkan ada lahan yang cukup luas, mesin kompresor, air dan tempat meletakan sepeda motor, usaha sudah bisa jalan.
    Seperti dilakoni Zainal Arifin. Dia membuka usaha pencucian sepeda motor Putra Jaya Steam di Kompleks A Yani 1, Lingkar Dalam Banjarmasin. Usahanya baru berjalan sejak enam bulan lalu.   "Semula saya bekerja sebagai buruh, sekarang mencoba peruntungan membuka usaha pencucian sepeda motor agar tak tergantung orang lain," kata bapak yang memiliki anak dua ini, Senin (17/9).
    Menurut Zainal, biaya setiap kali mencuci kendaraan dengan menggunakan salju es dan busa hanya Rp 10.000. "Tiap harinya ada sekitar 10 sepeda motor yang dicuci," katanya.
    Dia mengaku tak tahu cara mengurus usaha cuci sepeda motor dan mobil ke Pemko Banjarmasin. "Saya kira usaha kecil-kecilan seperti ini tak ada izinnya. Ternyata ada ya, dan apa saja syaratnya serta berapa biayanya?" kata warga Jalan Pekapuran Raya ini, balik bertanya.
    Zainal mengatakan, sebenarnya ada niatan mengurus izin usaha cuci mobil, hanya saja usahanya masih kecil dan tempatnya masih menyewa. "Sekarang penghasilan pas-pasan dan konsentrasi usaha dulu nanti baru mengurus izinnya," katanya.
    Kepala Bidang Perizinan Jasa Usaha di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) Kota Banjarmasin, Suratno mengatakan, setiap usaha pencucian sepeda motor dan mobil, baik berukuran besar maupun kecil harus ada izin usahanya maupun izin HO-nya.  "Lengkapnya dokumen membuat seseorang merasa nyaman dan tenang dalam berusaha. Mereka tak merasa khawatir dari gangguan apa pun," kata dia.
    Menurut Suratno, mengurus izin usaha paling utama dilakukan, asalkan lengkap tidak sampai sepekan selesai. Dijelaskan dia, syarat membuat SKTU, terlebih dahulu mengajukan permohonan ke Wali Kota Banjarmasin dengan melampirkan fotokopi KTP pemilik atau penanggung jawab.
    Kemudian, ada badan hukum melampirkan akta pendirian perusahaan, lembaga melampirkan dokumen sendiri dilengkapi surat keterangan lurah setempat yang sudah ada surat pengantar RT dan bukti lunas bayar retribusi sampah. "Mungkin saja sebagian besar masyarakat yang belum mengurus izin usaha pencucian sepeda motor dan mobil  tak tahu saja caranya. Padahal mengurus izin SKTU nol rupiah," tandasnya.
    Berdasarkan data 2011, sebanyak 6.000 orang mengurus SKTU. Jika dihitung tiap harinya, orang mengurus SKTU 30 sampai 40 orang. Mengacu pada Undang Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah  dan Retribusi Daerah, maka tak ada lagi baiay mengurus SKTU. (m.banjar)

Harus Ada Persetujuan Tetangga
    BUKAN hanya ada Surat Keterangan Tanda Usaha (SKTU), bagi masyarakat yang ingin membuka usaha pencucian sepeda motor maupun mobil harus dilengkapi juga izin HO dan persetujuan tetangga kiri maupun kanan.
    Pasalnya, kata kepala Bidang Perizinan Jasa Usaha pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) Kota Banjarmasin, Suratno, ada limbah yang dibuang dari pencucian sepeda motor maupun mobil.
    Staf pelaksana BP2TPM Kota Banjarmasin, Edy Fauzi Ansyari, mengatakan, sebelumnya, pemilik usaha pencucian sepeda motor, walet, rumah makan, salon, hotel dan sebagainya  diwajibkan memiliki izin HO untuk menjalankan usahanya. Jika tidak, usaha yang dijalankannya bisa saja disebut melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku.
    "Mengurus izin HO ini sebenarnya sangat mudah. Pemilik usaha tinggal datang saja ke kantor BP2TP dengan membawa kelengkapan berkas, seperti foto copy KTP yang berlaku sekarang, surat keterangan akta pendirian perusahaan bagi yang berbadan hukum dan lain-lainnya. Jangan lupa, adalah surat keterangan tidak keberatan dari tetangga sebelah-menyebelah tempat usaha yang dimaksudkan," katanya.
    Jika pasti tidak ingin saat usaha yang dijalankan sudah berlangsung sekian lama ternyata ada tetangga yang di kiri atau kanan tergganggu dengan usaha yang dijalankan, maka izn HO harus dikantongi. "Ini yang harus dihindari, makanya surat ini menjadi salah satu yang disyaratkan," katanya.
    Dijelaskan Edy, jika sudah cek ke lapangan berkaitan dengan foto copy KTP tetangga, ukuran usahanya sesuai dengan permohonan, surat izin HO diperkirakan 18 hari sudah selesai.
    Izin gangguan atau Hinder Ordonantie (HO), berasal dari bahasa Belanda. Hinder berarti gangguan dan Ordonantie artinya peraturan. Pengertian HO sendiri yaitu sebuah izin yang diberikan oleh masyarakat sekitar untuk usaha di sekitarnya.
    Bagi pemilik usaha yang melanggar HO akan mendapat sanksi dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). KLH Kota dan provinsi hanya memberikan pembinaan.
    Terpisah, Zainal Arifin yang baru merintis usaha pencucian sepeda motor mengungkapkan tak mengetahui berusaha ini juga harus ada izin tetangga kiri dan kanan (HO). "Saya kira cukup ada tempat dan peralatannya mencuci kendaraan lengkap sudah bisa menjalankan usaha dan tak perlu izin lainnya," katanya. (m.banjar)


--------------------------------
Dasar Hukum:
Perda Nomor 7 tahun 2009 tentang Kewenangan dan Tata Cara Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu

Syarat Mendirikan Pencucian Sepeda Motor:
- Ada SKTU
- Ada Izin HO

Syarat Membuat SKTU:
- Mengisi permohonan
- Fotokopi KTP pemilik atau penanggung jawab
- Badan hukum melampirkan akta pendirian perusahaan
- Lembaga melampirkan dokumen sendiri
- Surat keterangan lurah setempat berikuta surat pengantar RT
- Bukti lunas bayar retribusi sampah
- Selesai empat hari kerja (Standar Operasional Prosedur: enam hari   kerja)
- Biaya Nol Rupiah

Syarat Perpanjangan SKTU:
- Fotokopi KTP pemilik atau penanggung jawab
- Melampirkan SKTU yang akan diperpanjang
- Lunas retribusi sampah

Syarat Bikin Izin HO:
- Isi Formulir permohonan
- Fotokopi KTP pemohon
- Fotokopi sertifikat/keterangan hak tanah
- Surat tidak keberatan tetangga sebelah menyebelah dan fotokopi
  KTP-nya
- Surat perjanjian sewa menyewa apabila bukan pemilik
--------------------------------------------------
Sumber: BP2TPM Kota Banjarmasin

{ 3 komentar... read them below or add one }

SILOKER said...

Ribet amat mau mendirikan usaha. Bener kata temen saya.. mending belajar menguasai internet aja... bisnis online lebih mudah dan lebih menjanjikan.. :)

Unknown said...

SILOKER: Yah, ga ada yang benar2 mudah di dunia ini gan. Mudah bagi seseorang bisa saja sulit bagi orang lain.

Anonymous said...

Nol rupiah mbahmu...secara tertulis aja... Praktekny pke duit... Usaha baru kecil2lan.. Byk retribusiny...kshan rkyt kecil...birokrasi ribet...hrusny menjdi playan masyarakt...bkn sbalikny...trun k lapangan donk...jd playan rkyat

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house