Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Gampangnya Transfer Kuliah
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Gampangnya Transfer Kuliah

Diposkan oleh royan naimi on Tuesday, October 25, 2011

    OPEN YOUR MIND. KAMPUS atau perguruan tinggi menjadi pilihan tersendiri bagi mahasiswa. Sebagian dari mereka memilih kampus lantaran letak dan lokasinya yang strategis. Namun, ada pula alasan ingin dekat keluarga, sehingga mahasiswa yang sebelumnya kuliah di luar kalimantan, memilih pulang kampung.
    Seperti yang dialami oleh Farihatus Solihah. Dia memilih pindah ke Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) dari kampusnya yang dulu di Institut Pertanian Bogor (IPB). Ini, lantaran keluarganya sakit dan memerlukan perhatian dari anak-anaknya di Banjarmasin.
    "Iya. Pindah memerlukan persyaratan. Aku dulu harus memiliki surat keterangan pindah dari kampusku di IPB, melampirkan surat akreditasi, dan transkrip nilai," ujar Farihatus, warga Jl Agraria II ini.
    Kepala Bagian Administrasi Akademik Universitas Lambung Mangkurat, Noor Fitriyani Kusasi mengatakan, secara hakikat kampus bisa menerima mahasiswa transfer atau pindahan. "Namun semua ada aturannya dan tak bisa sembarang pindah," tegasnya.
    Menurut dia, pindahan itu ada tiga macam. Ada pindahan antarprogram studi (prodi) di lingkungan fakultas Unlam, pindahan antarfakultas di lingkungan Unlam, serta pindahan dari luar Perguruan Tinggi.
    Prosedurnya, untuk perpindahan antarprogram studi dalam fakultas mahasiswa harus mengajukan lamaran tertulis kepada dekan fakultas, dengan tembusan jurusan atau program studi yang dituju, paling lambat dua minggu sebelum perkuliahan dimulai.
    Sedangkan untuk antarfakultas dalam lingkungan Unlam, mahasiswa harus mengajukan lamaran tertulis yang ditujukan kepada Rektor Unlam dengan tembusan kepada Dekan Fakultas yang dituju, paling lambat dua minggu sebelum perkuliahan dimulai.
    "Surat lamaran pindah, baik antarprodi dalam fakultas atau antarfakultas harus dilampiri dengan surat pindah dari jurusan atau prodi asal dan transkrip akademik. Begitupun dengan pindahan dari luar Unlam, sama, yakni harus melampirkan transkrip. Hanya, surat permohonan pindah dari universitas yang terdahulu dan diketahui oleh rektor," beber Fitriyani.
    Bukan hanya itu, sambungnya, persyaratan dari luar kampus Unlam lebih banyak. "Selain transkrip nilai, bagi mahasiswa yang mau pindah dari luar Unlam harus menyertakan pernyataan surat kelakuan baik dan tidak terkena sanksi akademik, surat akreditasi program studi yang terdahulu, fotokopi ijazah SMA yang telah dilegalisasi, surat keterangan berbadan sehat dan bebas dari Napza dari penguji kesehatan dan pasfoto terbaru ukuran 2x3 sentimeter dibuat tiga rangkap," paparnya.
    Syarat lain yang perlu diingat adalah, mahasiwa yang diterima hanya mahasiswa dari PTN yang akreditasinya sama atau lebih tinggi, telah menjalani kuliah minimal lima dan semester dan mencapai minimal 45 Satuan Kredit semester (SKS) dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 2,5.
    Jika persyaratan tersebut di atas terpenuhi, mahasiswa bersangukutan bisa mendatangi bagian administrasi akademik. "Kemudian bagian akademik akan memberikan rekomendasi untuk diteruskan ke bagian prodi yang ditujunya," ujar Fitriyani.
    Keputusan penerimaan mahasiswa pindahan sudah harus dikeluarkan selambat-lambatnya satu minggu sebelum perkuliahan dimulai. Selanjutnya, petugas bagian administrasi akan memprosesnya dan menginput data mahasiswa transfer tadi dengan memberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) baru, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    Namun, perlu diingat selain ketentuan dari universitas, ada pula aturan yang diberlakukan di masing-masing fakultas. "Semisal di Fakultas Ekonomi menentukan tidak menerima mahasiswa pindahan. Jika mahasiswa Fekon mau pindah dipersilakan. Itu ada ketentuan tersendiri di masing masing fakultas," ungkapnya. (mtb)


Ambil Sejalur

    KEPALA Bagian Adinistrasi Akademik Universitas Lambung Mangkurat, Noor Fitriyani Kusasi, mengatakan, bagi mahasiswa yang mau pindah, sebaiknya memilih program studi yang liner (satu jalur).    "Liner artinya sejalur dengan jurusan yang diambil terdahulu. Misalkan, dulunya jurusan fakultas kedokteran, maka pilihan prodi untuk pindahannya juga kedokteran," ujarnya.
    Mengapa demikian? Karena hal itu ada kebijakan, di mana mahasiswa terkadang harus mengulang mata kuliah yang belum ditempuhnya selama di kampusnya dulu. "Kalau berbeda jurusan, maka tentu yang bersangkutan harus mengulang dari awal," ujarnya.
    Tapi kalau mengambil yang liner, maka yang bersangkutan tidak banyak mengulang, baik yang bersifat umum semisal bahasa Inggris, bahasa Indonesia, ataupun mata kuliah yang bersifat kejuruan.
    "Kemungkian hanya beberapa yang harus mengulang, seperti mata kuliah yang pararel dan harus sambung menyambung, yang belum ditempuh semasa kuliah di Universitasnya dulu," jelas Fitriyani. (mtb)


Ketentuan Mahasiswa Transfer:
- Mahasiswa mengajukan lamaran tertulis kepada dekan (untuk antarprodi) dan kepada rektor untuk (antarfakultas dan universitas),
- Surat lamaran dilampiri surat izin dari prodi atau jurusan asal dan transkrip nilai
- Diajukan dua minggu pada awal semester dan satu bulan untuk luar PTN

Syarat Tranfer Mahasiswa Luar Unlam:
- Transkrip nilai
- Menyertakan surat kelakuan baik dan tidak terkena sanksi akademik
- Surat akreditasi program studi terdahulu
- Fotokopi ijazah SMA yang telah dilegalisasi
- Surat keterangan berbadan sehat dan bebas dari Napza dari penguji kesehatan
- Pasfoto terbaru ukuran 2x3 sentimeter dibuat tiga rangkap

Syarat Lain:
- Mahasiwa yang diterima hanya dari PTN yang akreditasinya sama atau lebih tinggi
- Minimal kuliah lima semester dan mencapai minimal 45 SKS dengan IPK 2,5.
Sumber: Bagian Administrasi Akademik Unlam
Open Your Mind

{ 13 komentar... read them below or add one }

Uzanks Al Ghifari said...

wah kalo transfer kuliah kayaknya bikin capek senidiri, karena banyak urus sana dan sini

Behlayka said...

ternyata ribet ya...

Gaptek said...

Makasih banyak pa Royan Infonya,,


dulu lun sempat handak pindah kuliah :)

Tp kada jadi,,hehe

admin said...

pengalaman dan info buat yang mw pindah terima kasih share pengalamannya

Punya.Tia said...

nice share pak...

saya juga dulu punya teman yg pindah jurusan, tp ribetnyaaa... ampuuuunnn dehh...

salam,

Stylish Generation

Royan Naimi said...

Uzank: Tapi kalau memang sdh keperluan ga bisa tidak lho..

Royan Naimi said...

Behlayka: Mau ga mau ya..

Royan Naimi said...

Gaptek: Ok sama2..

Royan Naimi said...

admin: OK bro, sama2..

Royan Naimi said...

Punya.Tia: Oh ya, begitulah urusannya..

bajang@mamben said...

Sekedar numpang lewaat... Pindah kampus tanpa surat pindah juga pada dasarnya Boleh, karna ada undang-undang yg mengatur hal tersebut, terlebih lg kalau terjadi banyak kebijakan-kebijakan yg merugikan Mahasiswa, apalagi masalah akreditasi jurusan, akan tetapi setau saya hal ini khusus u/ Perguruan tinggi SWASTA..!! Info lengkap tanyakan pada Kopertis terdekat...!!

uzumaki egadimitri said...

Selamat pagi ...saya dari maba mau tnya nih...saya msuk d Unlam mau pindah ke Ipb itu prsyratannya gmna y? Ada alsn trtntu yg mmbuat q ingin pindah..
Dan minimal harus smstr brapa ya?(sy mau pindh dr prodi yg sama)

uzumaki egadimitri said...

Asalam ualaikum...say dr maba di un unlm mau pindh itu min smstr brpa ya...sy jg ingn pndah dg prodi sama

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house