Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Cara Dapatkan Darah dari PMI
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Cara Dapatkan Darah dari PMI

Diposkan oleh royan naimi on Monday, October 24, 2011

    OPEN YOUR MIND. WARTINI (75) tampak gelisah di salah satu ruang antre di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Banjarmasin, di Jalan Simpang Ulin, atau di belakang RSUD Ulin Banjarmasin. Terkadang dia harus bolak balik mengambil kelengkapan yang dinyatakan kurang oleh petugas resepsionis. Ya, perempuan warga Kelayan B ini sangat memerlukan darah Golongan O untuk suaminya yang sedang cuci darah akibat gagal ginjal.
    "Jadi harus kembali lagi ya, Bu. Harus lengkap ya  persyaratannya. Ada yang kurang ya," ujar Wartini kepada petugas pelayanan permintaan darah di loket.
    Selain dia, ada juga Maman yang mengantre darah O. "Aku juga kemarin bolak balik, karena belum tahu. Namun, sekarang saya mau klaim titipan uang. Karena aku pakai Jamkesmas," ujarnya.
    Berbeda dengan Wartini, Maman mengantre untuk mengambil kembali uang yang telah dititipkannya di unit tersebut sebesar Rp 250.000. "Iya saya mau klaim, karena pakai kartu jaminan, ini disuruh bawa perlengkapan persyaratannya," ujar Maman.
    Begitulah suasana pelayanan yang ada di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Banjarmasin. Hampir tidak ada putusnya orang yang setiap harinya datang ke tempat itu.  Kepala UTD PMI Kota Banjarmasin, dr Sri Yanto menjelaskan, upaya kesehatan transfusi darah memang untuk keperluan pengobatan dan pemulihan kesehatan pasien.
    Kegiatannya, sambungnya, mencakup pengerahan donor, penyumbangan darah, pengambilan, pengamanan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian darah kepada pasien. Diterangkannya, kegiatan tersebut harus dilakukan sebaik- baiknya, sesuai standar yang telah ditetapkan, agar darah yang dihasilkan keamanannya terjamin. Demikian juga donornya, juga tetap selalu sehat.
    Mengenai prosedur untuk mendapat darah tersebut, sambungnya, harus ada permintaan secara tertulis dari dokter yang merawat pasien yang bersangkutan. "Kalau tidak ada semacam rekomendasi itu, kami tidak akan memprosesnya," kata Sri Yatno.
    Lebih jauh dia menjelaskan, setelah mendapatkan rujukan permintaan darah dari dokter, keluarga yang memerlukan darah bisa langsung mendatangi UTD PMI Kota Banjarmasin. Langkah berikutnya, adalah penyerahan formulir dari dokter ke petugas loket. "Lalu keluarga pasien bisa menentukan, apakah langsung mengambilkan darah yang tersedia di UPTD PMI, atau ada bagian keluarga yang merelakan darahnya untuk ditransfusikan karena darahnya cocok, atau istilahnya, memakai darah donor pengganti," kata Sri Yanto.
    Bila yang bersangkutan menentukan darah yang tersedia di PMI, maka prosedur lanjutannya petugas akan memeriksa golongan darah, A, B, O darah pasien, dan akan melakukan proses uji silang serasi. Namun bila keluarga itu, melalui prosedur darah donor pengganti, maka si relawan pendonor juga akan dilakukan screening test.
    "Screening tes itu dilakukan untuk pendeteksian terhadap virus Hepatitis B, Hepatitis C, virus HIV, dan Sifilis," katanya.
    Dia menegaskan, meski darah pendonor sama dengan pasien, tapi kalau ditemukan adanya virus di atas, tentunya tidak akan ditranfusikan. Sebab, pasien bisa tertular dan menyebabkan kematian. Setelah proses tersebut selesai, sambungnya, lalu akan ada Uji Silang Serasi yang menentukan darah yang sesuai dengan kondisi darah pasien. Selanjutnya, darah akan dikeluarkan.
    "Permintaan pun berbeda-beda kadarnya. Itu yang menentukan adalah dokter perawat pasien melalui pesan tertulis di formulir tadi," kata Sri Yanto.
    sih menurut Sriyanto, untuk Kelancaran pelaksanaan upaya kesehatan transfusi darah di atas sangat terkait dengan dukungan faktor ketenagaan, peralatan, dana dan sistem pengelolaannya yang hakikatnya kesemuanya itu memerlukan biaya.
      Menganai Besaran Biaya Penggati Pengolahan Darah (BPPD), sambungnya, sudah diatur dengan keputusan Walikota Banjarmasin, nomor 45 tahun 2011 tentang besaran biaya Pengganti Penggelolahan darah (BPPD) pada Unit traspusi darah cabang PMI Kota Banjarmasin."Dari komponen, komponen besarannya, sudah ada rincian dalam SK tersebut, yang jumlah totalnya sebesar Rp 250.000," kata dia.
    Namun bila menggunakan kartu jaminan kesehatan, semisal jamkesmas, jamkesda, atau Askes, ada persyaratan tambahan yang harus dilampirkan.
    Pemohon membawa kelengkapan berkas beserta fotokopi masing- masing dua lembar. Yakni berupa laporan hasil transfusi darah dari RS yang bersangkutan, serta surat jaminan dari RS yang diverifikasi oleh unit jaminan masing masing (Jamkesmas/askes/Jamkesda. Selain itu, lanjut Sri Yanto, untuk pengambilan darahnya, pemohon juga diwajibkan menyerahkan dana titipan sebesar Rp 250.000.
    "Nanti bila proses selesai, uang jaminan tersebut bisa diklaim, dan uangnya pasti dikembalikan. Kalau tidak menggunakan uang titipan, terkadang banyak yang tak bayar. Pasien pulang tak bayar sehingga UTD yang ingin melakukan klaim tak bisa," ujar Sri Yanto.
    Adapun waktu pengembalian berkas klaim jaminan selambat- lambatnya 14 hari, setelah tanggal pengambilan darah. "Jika pengembalian berkas 14 hari setelah tanggal pengambilan darah maka tidak dilayani, kecuali pasien telah dirawat lebih 14 hari dengan menunjukkan surat keterangan pulang dari rumah sakit. (mtb)


Lebih Baik Diambil Berangsur
 
    KEPALA Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Banjarmasin, dr Sri Yanto menegaskan, tidak ada penjualan darah pada PMI. Yang ada, menurut dia, masyarakat diminta membayar Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD).
    Jadi, lanjutnya, itu bukan membeli darah tetapi mengganti biaya pengolahannya saja. Diterangkannya, memang ada perubahan pada BPPD.  "Semula untuk umum BPPD-nya dikenakan sekitar Rp 150.000 hingga Rp 160.000. Sekarang tarif barunya dikenakan Rp 250.000, sesuai dengan keputusan wali kota," katanya.
    Jika menggunakan kartu jaminan, maka syaratnya harus membayar uang titipan. "Setelah persyratan lengkap maka uang yang dititipkan akan dikembalikan," ujar Sri Yanto.
    Yang perlu ditekankan juga, terkadang pemohon langsung mengambil jatah sekaligus. "Padahal darah yang dibungkus kantong itu lebih aman dititipkan dan diambil secara berangsur. Misalnya, per dua kantong.  "Artinya, tidak diambil 10 kantong sekaligus misalnya. Jika kantong darah sudah keluar, bukan lagi menjadi tanggung jawab kami. Darah itu bisa rusak, karena sifatnya sangat sensitif," jelas Sri Yanto.
    Di UTD merupakan tempat yang aman, karena diatur dengan suhu dan temperatur yang aman dan steril. "Jadi disarankan warga tidak mengambilnya sekaligus," ujar Sri Yanto. (mtb)


Prosedur Permintaan Darah:
- Dokter yang merawat yang menentukan pasien membutuhkan darah atau tidak
- Membawa formulir permintaan darah yang telah diisi oleh dokter yang merawat disertai contoh darah dan identitas yang jelas
- Formulir dan contoh darah dikirim ke UTD PMI Banjarmasin.
- Apabila persediaan darah seperti yang diminta tidak tersedia di UTD PMI, keluarga penderita disarankan mencari donor pengganti/donor keluarga.
- Atas dasar permintaan dokter pihak UTD akan melakukan uji silang contoh darah pendonor dan pasien yang sakit, yang memakan waktu satu jam.
- Darah dikeluarkan

Ketentuan Klaim Pasien Askes/Jamkesmas/Jamkesda:
- Membawa kelengkapan berkas beserta fotokopi masing-masing dua lembar
- Laporan hasil transfusi darah dari RS yang bersangkutan
- Surat Jaminan dari RS yang diverifikasi oleh unit jaminan masing masing
- Waktu pengembalian berkas selambat-lambatnya 14 hari setelah tanggal pengambilan darah
- Jika lewat dari ketentuan, klaim tidak dilayani, kecuali pasien telah dirawat lebih 14 hari

Biaya Pengganti Pengelolaan Darah:
- Jasa Rp 45.000
a. Transportasi Rp 750
b. Rekrutmen dan Pembiayaan DonorRp  2.250
c. Tenga PelaksanaRp 7.500
- AdministrasiRp 2.000
- Bahan dan Alat Habis Pakai Rp 167.000
a. Kantong darah Rp 29.000
b. Reagen pemeriksaan Hb Rp 1.000
c. Reagen pemeriksaan golongan darah Rp 2.000
d. Reagen Uji cocok serasi dan konfirmasi Rp 21.500
e. Reagen uji saring penyakit Rp 108.000
f. Bahan penunjang laboratorium Rp 5.000
- PemeliharaanRp 6.500
a. Penyusutan dan pemeliharaan alat medis/nonmedis Rp 3.700
b. Gedung dan Utility Rp 2.800
- Pengembangan investasi Rp 29.000
-----------------------------------------------------------
Jumlah:      Rp 250.000

Catatan:
* Darah tidak diperjualbelikan
* Pemeriksaan ii mutlak dilakukan walaupun golongan darah pasien sama dengan golongan darah donor.
Sumber: Unit Transfusi Darah PMI Kota Banjarmasin
Open Your Mind

{ 3 komentar... read them below or add one }

asaz said...

ternyata untuk mendapatkan darah mahal juga ya

Punya.Tia said...

mau tau bagaimana dapat darah cepat, sering2 jadi pendonor darah. karena nanti dikasih sertifikat atau kartu khusus, yang bisa digunakan untuk keperluan darah. kita bakal diprioritaskan deh. saya pernah ngalamin,,

salam,

Stylish Generation

Royan Naimi said...

asaz: Betul bro, semuanya ga ada yang murah..

Punya.Tia: Tapi tetap aja bayar non..

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house