Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Waspadai Ayam Tiren dan Gelonggongan
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Waspadai Ayam Tiren dan Gelonggongan

Diposkan oleh Unknown on Tuesday, September 25, 2012

    TIAP menjelang Ramadan atau hari besar lainnya, kebutuhan pangan masyarakat meningkat. Saat seperti ini ada saja yang memanfaatkan untuk menangguk keuntungan dengan cara tidak benar. Satu yang sering dikhawatirkan masyarakat adalah peredaran daging gelonggongan dan ayam tiren (mati kemaren).
    Daging gelonggongan adalah daging yang didapat dari hewan yang sebelum disembelih terlebih diminumi air secara berlebihan. Bahkan, tak jarang hewan bersangkutan pingsan karena kelebihan minum, baru dipotong. Tujuan dari pemberian minum berlebih itu adalah untuk mendapatkan timbangan lebih berat sehingga harga jual yang diperoleh secara curang ini jadi lebih mahal.
    Dadi (57), warga Pekauman, Banjarmasin, mengaku sangat prihatin dengan aksi pedagang menjual daging gelonggongan dan ayam tiren. "Kalau ada pedagang yang curang seperti ini sangat merugikan masyarakat. Apalagi kalau ayam atau ikan yang dijual mengandung formalin," kata dia.
    Menurut Dadi, ayam atau ikan yang diawetkan dengan formalin sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. Dia berharap, instansi terkait melakukan razia secara rutin, terutama selama Ramadan dan menjelang hari raya Idulfitri.
    Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi mengakui, menjelang dan selama Ramadan, permintaan masyarakat pada daging dan ayam semakin meningkat. Dikhawatirkan ada pedagang nakal yang melakukan tindakan tak terpuji.
    Demi mencegah peredaran daging gelonggongan dan ayam tiren, pihaknya bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Kalsel maupun instansi terkait lainnya, melakukan uji petik diawal Ramadan dan seminggu sebelum lebaran lalu.
    "Ada 10 titik pasar di Kota Banjarmasin yang akan dilakukan razia, di antaranya Pasar Sentra Antasari, Pasar Lama, Pasar  Kuripan dan lain-lainnya," katanya.
    Menurut Doyo, melalui cara tersebut akan terlihat secara langsung apakah daging sapi itu murni atau gelonggongan dan ayamnya dipotong sebelum mati atau mati duluan baru dipotong. Di dalam Islam, ayam yang sudah mati lalu dimakan hukumnya haram.   
    "Kita melakukan inspeksi ini bertujuannya untuk melindungi masyarakat yang mengonsumsi daging atau melihat aspek Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet). Dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Veterinary Public Health (VPH)," ucap Doyo.
    Dia menambahkan, secara garis besarnya, tugas, dan fungsi Kesmavet adalah menjamin keamanan dan kualitas produk-produk peternakan. Kemudian, mencegah terjadinya risiko bahaya akibat penyakit hewan atau zoonosis dalam rangka menjamin kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. (m.banjar)

Dagangan Pun Disita
    KEPALA Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi mengatakan, ada beberapa ciri ayam tiren yakni dagingnya terdapat bercak darah atau memar. Kemudian, tidak mulus seperti ayam potong semasa hidup. "Kalau dipegang, kulitnya licin dan mengilat, karena pakai formalin." kata Doyo.  
    Selain ayam tiren, daging gelonggongan juga merugikan konsumen.  Ciri daging gelonggongan, warnanya pucat (daging yang masih baik berwarna merah terang dan lemaknya berwarna kekuningan), kandungan air sangat tinggi, lebih berair dan lembek. Selanjutnya, kondisinya agak rapuh sehingga tidak bisa dijadikan sejumlah produk olahan, seperti bakso.
    Kadar airnya sangat banyak, dapat dilihat di lantai tempat penjualannya, terlihat banyak air bercampur darah. Warna daging lebih pucat karena kebanyakan air. Daging lembek dan cepat busuk."Untuk mengetahui ayam dan daging tersebut baik atau tidak, kita menggunakan alat pengukurnya," ujar Doyo.
    Jika dalam razia nanti ada pedagang yang terbukti menjual daging gelonggongan dan ayam tiren, dagangannya akan disita. Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Banjarmasin, Safriansyah mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait secara rutin melakukan razia selama Ramadan terhadap ayam, daging dan ikan.
    "Berdasarkan pengalaman tahun lalu, dari 100 sampel yang kita ambil, tak ada ayam dan daging gelonggongan dan ayam mati dijual di pasaran," kata Safriansyah. (m.banjar)

Hati-hati dengan Formalin
    BUKAN
hanya daging gelonggongan dan ayam tiren yang dikhawatirkan dijual secara bebas. Masyarakat juga harus waspada terhadap ikan dan ayam yang berformalin. Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Banjarmasin, Safriansyah mengatakan, biasanya ada empat macam pangan segar yang sering dicampur formalin yaitu ikan, tahu, ayam dan daging.
    Masyarakat harus tetap waspada terhadap ikan dan ayam  yang mengandung formalin. Ada pun ciri-ciri ayam berformalin adalah tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar (25 derajat Celcius), teksturnya kencang.
    Adapun ciri-ciri ikan segar berformalin adalah tidak rusak sampai tiga hari, warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar dan warna daging ikan putih bersih. Ikan asin yang mengandung formalin tidak rusak sampai lebih dari satu bulan pada suhu kamar 25 derajat Celcius. Bersih cerah dan tidak berbau khas ikan asin dan tidak dihinggapi lalat di area berlalat,
    Ciri-ciri tahu berformalin, tidak rusak sampai tiga hari pada suhu kamar dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es (10 derajat Celcius). Tahu terlampau keras, kenyal namun tidak padat, bau agak menyengat, bau formalin.
    Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Formalin digunakan sebagai bahan perekat untuk kayu lapis dan desinfektan untuk peralatan rumah sakit serta pengawet mayat.  Formaldehida atau formalin awalnya disintesis oleh kimiawan Rusia Aleksandr Butlerov pada 1859, tapi diidentifikasi oleh Hoffman pada 1867.
    Apabila kadar di udara lebih dari 0,1 mg/kg, formaldehida yang terhisap bisa menyebabkan iritasi kepala dan membran mukosa, yang menyebabkan keluarnya air mata, pusing, teggorokan serasa terbakar, serta kegerahan.
    Jika terpapar formaldehida dalam jumlah banyak, misalnya terminum, bisa menyebabkan kematian. Dalam tubuh manusia, formaldehida dikonversi menjadi asam format yang meningkatkan keasaman darah, tarikan napas menjadi pendek dan sering, hipotermia, juga koma, atau sampai kepada kematiannya. (m.banjar)


  ------------------------------------------------------------
Ciri-ciri Daging Gelonggongan:
- Warnanya pucat (daging yang masih baik berwarna merah terang dan lemaknya berwarna kekuningan)
- Kandungan air sangat tinggi/lebih berair/lembek. Dapat dilihat di lantai tempat jualnya. Akan terlihat     
  banyak air bercampur darah
- Kondisinya agak rapuh sehingga tidak bisa dijadikan sejumlah produk olahan, seperti bakso
- Biasanya harganya lebih murah
- Daging gelonggongan biasanya tidak dijual dengan cara digantung, melainkan diletakkan di meja atau 
   papan
- Daging lembek dan cepat busuk

Ciri-ciri Ayam Tiren:
- Dagingnya terdapat bercak darah atau memar
- Tidak mulus seperti ayam potong ketika hidup
- Kalau dipegang kulitnya licin dan mengkilat, karena pakai formalin
- Lalat tak mau mendekat

Ciri-ciri Ayam Berformalin:
- Tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar (25 derajat C)
- Teksturnya kencang

Ciri-ciri Ikan Segar Berformalin:
- Tidak rusak sampai tiga hari
- Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar dan   warna daging ikan putih bersih
--------------------------------------------------------

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house