Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Jangan Menikah Usia Dini
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Jangan Menikah Usia Dini

Diposkan oleh Unknown on Monday, July 30, 2012

   OPEN YOUR MIND. PADA 2001, sebuah televisi swasta nasional pernah menayangkan sinetron berjudul Pernikahan Dini. Pemerannya adalah aktor Syahrul Gunawan dan aktris, penyanyi multitalenta, Agnes Monica. Sinetron itu menggambarkan pasangan muda yang sering cekcok dalam rumah tangga akibat belum siap secara materi dan psikologi.
    Sinetron itu merupakan gambaran nyata dari kehidupan sehari- hari. Cukup banyak kasus perceraian di antara pasangan yang menikah usia sangat muda. Demi menghindarinya, pemerintah mengatur batasan usia calon pengantin laki-laki maupun perempuan.
    Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarmasin Timur, M Yusran mengatakan, pada pasal 7 ayat 1 Undang Undang Perkawinan, disebutkan bahwa perkawinan hanya diizinkan jika pria sudah mencapai usia 19 tahun dan perempuan berusia 16 tahun.
    Tapi, sesuai persyaratan nikah,  pernikahan pada usia tersebut harus mendapat izin dari orangtua karena dianggap masih belum dewasa. "Kalau tak ada izin orangtua, mereka tak boleh nikah," kata Yusran.
    Menurut dia, bagi laki-laki yang belum mencapai usia 19 tahun dan perempuan tak sampai 16 tahun, tak bisa pula dinikahkan jika tidak ada dispensasi dari Pengadilan Agama. "Kasus seperti ini sangat jarang terjadi. Selama ini baru satu perempuan yang menikah usia di bawah 16 tahun dan seorang laki-laki yang menikah usia di bawah 19 tahun," katanya.
    Yusran mengatakan, minimnya orangtua menikahkan anaknya pada usia sangat muda, karena warga Kota Banjarmasin, sangat mengerti dampak  pernikahan di dini. Para orangtua memilih anak minimal tamat SMA baru menikah. "Saya pernah menolak secara halus ketika ada satu keluarga yang ingin menikahkan putrinya berusia di bawah 16 tahun," ucap Yusran.
    Usia tersebut dianggap tidak cakap melakukan perbuatan atau belum dewasa. Di usia belasan tahun tersebut masih memerlukan bimbingan dan perhatian dari orangtua. Dia menambahkan, di dalam Islam memang dibolehkan di usia tersebut. Namun, di dalam Alquran disebutkan umat Islam harus taat dan patuh padan perintah Allah, Rasul dan umara. 
    "Ketiga aturan tersebut tidak bisa dipisahkan. Jadi, umat Islam tak hanya patuh kepada perintah Allah dan Rasul tapi juga menaati aturan yang dibuat pemerintah. Apalagi larangan nikah di usia dini sangat bagus, untuk mencegah perceraian," kata Yusran.
    Aturan yang diberlakukan pemerintah membatasi usia nikah minimal 16 tahun bagi perempuan, menurut Wati, warga Banjarmasin, sangat tepat. "Saya punya keponakan perempuan yang dinikahkan orangtuanya di bawah usia 16 tahun. Pernikahannya tak sampai seumur jagung, diakhiri perceraian. Walaupun sempat rujuk dan punya satu anak, namun kembali bubaran," katanya.
    Menurut Wati, perceraian tersebut terjadi karena usia 16 tahun masih belum matang. "Usia tersebut masih dipengaruhi jiwa remaja dan masih suka hura-hura. Pernikahan dini, membuat mereka merasa terkekang hingga ingin memberontak lalu berakhir denganperceraian," ucap Wati.
    Demikian juga dengan laki-laki, biasanya usia di bawah 19 tahun masih belum bekerja. "Kalau sudah nikah, tapi masih minta uang sama orangtua, itu tidak benar namanya," kata ibu beranak tiga ini. (mtb)

KUA Sediakan Tempat Nikah
    NIKAH
berasal dari bahasa Arab, merupakan bentuk maadar dari nakaha yang berarti menggabungkan, mengumpulkan atau menjodohkan. Menurut syara, nikah merupakan suatu aqad yang menghalalkan pergaulan antara seorang laki-laki dan perempuan bukan muhrim dan menimbulkan hak dan kewajiban antara keduanya.
    Pernikahan itu diperintahkan oleh syara, sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah SWT dalam Surah An Nah ayat 72. "Allah menjadikan bagi kamu istri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan buat kamu dari isteri-isterimu itu anak, cucu, dan memberimu rezeki yang baik."
    Pada Surah An Nur ayat 32, Allah SWT juga berfirman. "Dan nikahlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang yang pantas kawin dari hamba sahayamu yang laki-laki maupun yang wanita."
    Dikutip dari situs id.wikipedia.org, pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang, dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.
    Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.
    Menurut Kepala KUA Kecamatan Banjarmasin Timur, M Yusran, bagi yang ingin menikah dan telah memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan, akan diperiksa dan serta dilihat dulu apakah sudah lengkap atau belum.
    "Jika calon mempelai usianya antara 16 sampai 20 tahun belum mengisi formulir N5, biasanya akan dibantu petugas kami pengisiannya. Saat nikah nanti orangtuanya wajib datang dan tinggal membubuhkan tanda tangan," kata Yusran.
    Dia mengatakan, mengurus surat nikah sangat mudah, asalkan persyaratannya semuanya sudah lengkap. Yusran menambahkan, KUA juga menyediakan tempat nikah yang disebut Balai Nikah. Tentu saja jika kedua mempelai jika ingin menikah di KUA.  "Bisa juga menikah di rumah pengulu atau di rumah calon pengantin. Itu tergantung permintaan calon pengantin," katanya.
    Sebelum ijab kabul, Badan Penasihat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) akan memberi nasihat pada kedua mempelai. Tujuan menasihati untuk mendoktrin bidang agama. Misalnya bagaimana tata cara dan bacaan mandi wajib, kalau sudah berumah tangga si suami jangan emosian, si isteri wajib melayani suami dan sebagainya.
    Terpisah, Sri Mardani warga Jalan Pangeran Hidayatullah mengatakan, sewaktu mengurus surat nikah putranya ke KUA sangat mudah. "Asal segala sesuatunya lengkap, pasti disetujui," kata ibu beranak tiga ini. (mtb)


----------------------------------
Syaratan Nikah di KUA:
* Fotokopi KTP
* Kartu Keluarga (KK)
* Model N1 sampai N4
* Model N5 apabila usia antara 16-20 tahun dan harus ada izin  orangtua

Rukun Nikah:
* Ada pengantin laki-Laki
* Ada pengantin perempuan
* Ada Wali
* Dua saksi
* Ijab dan kabul

Hukum Nikah:
* Jaiz (boleh, ini asal hukumnya)
* Sunat bagi orang yang berkehendak serta cukup nafaqah, sandang,   pangan dan lain-lain
* Wajib, bagi orang yang sudah cukup sandang, pangan dan dikhawatirkan terjerumus kelembah perzinaan
* Makruh, bagi orang yang tidak mampu memberi nafkah
*  Haram, bagi orang yang berkehendak menyakiti perempuan yang dinikahi

Syarat-syarat Nikah:
* Pengantin laki-laki
- Tidak dipaksa atau terpaksa
- Tidak dalam ihram haji atau umrah
- Islam (apabila kawin dengan perempuan Islam)
* Pengantin Perempuan
- Bukan perempuan yang dalam 'iddah
- Tidak dalam ikatan perkawinan dengan orang lain
- Antara laki-laki dan perempuan tersebut bukan muhrim
- Tidak dalam keadaan ihram haji atau umrah
- Bukan perempuan musyrik
---------------------------------------
Sumber: Buku Fiqih Islam Lengkap
Open Your Mind

{ 4 komentar... read them below or add one }

karim said...

yang biasnya menikah dini itu anak desa bang khususnya perempuan,,,
karena orang tuanya kadang berfikiran anak cewek pasti ke dapur heheh

Unknown said...

karim: iya sih, kl anak kota malah jebol duluan kali, he3. Hy dugaan.

Jai said...

Kalau tidak ingin menikah walaupun sudah hidup berkecukupan dari hasil jerih payah sendiri bagaimana hukumnya?

Unknown said...

Jai: Speengetahuan saya yg minim ini, dalam Islam pria harus menikah untuk menghidarai dosa, diantaranya zina. Wallahualam.

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house