Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Suami-Istri Cukup Satu Kartu
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Suami-Istri Cukup Satu Kartu

Diposkan oleh Unknown on Sunday, October 9, 2011

    OPEN YOUR MIND. PAJAK merupakan kewajiban yang dikenakan kepada perorangan atau badan hukum oleh suatu negara. Pajak bukanlah sumbangan sukarela dari warga kepada negara, tetapi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi.
    Bagi setiap warga negara indonesia yang baik, tentu dengan kesadaran sendiri memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP). NPWP dianggap penting bagi warga, mengingat sebagai bukti penghasilan. Contoh, ketika orang yang mau mengambil rumah dengan sistem Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Mereka tentu melampirkan nomor tersebut.
    "Iya, harus ada NPWP bila kita ingin mengambil rumah dengan sistem KPR," kata salah satu warga, Rohim, yang pernah mengurusi KPR di salah satu bank.
    Lalu bagaimana cara memiliki NPWP? Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin Budi Wiyanto mengatakan, memiliki NPWP diharapkan menjadi kesadaran yang tumbuh dari hati nurani setiap individu. Dengan aturan pajak yang jelas dan transparan, wajib pajak secara sadar dan penuh hati melaksanakan kewajibannya.
    "Kita mengimbau bagi warga banua yang belum memiliki NPWP, segera membuatnya. Persyaratan dan cara mengurusnya sangatlah mudah," kata Budi.
    Dijelaskan Budi, wajib pajak (WP) mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal WP tersebut. WP harus mengisi formulir Permohonan Pendaftaran Wajib Pajak secara lengkap dan jelas. Selanjutnya WP menyerahkan formulir yang telah diisi secara lengkap dan jelas serta ditandatangani WP atau kuasanya kepada Petugas Pendaftaran Wajib Pajak.
    WP menerima Bukti Penerimaan Surat (BPS) yang ditandatangani oleh petugas pendaftaran setelah Formulir Permohonan Pendaftaran Wajib Pajak dilengkapi. Jangka waktu penyelesaian permohan pendaftaran NPWP paling lama satu hari kerja, terhitung sejak permohonan diterima secara lengkap.
    Pengisian alamat tempat tinggal atau tempat kedudukan atau tempat kegiatan usaha pada formulir didasarkan pada kenyataan, atau menurut keadaan sebenarnya, tidak pada pertimbangan yang bersifat formal.
    Bagi setiap WP, sambung Budi, juga harus melakukan kewajiban lain yakni menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Caranya pun bisa dilakukan dengan mengisi formulir ke kantor pajak di mana pun Anda berada.
    Namun, sambungnya, yang perlu juga diketahui, bagi Anda yang berstatus suami istri tidak perlu memiliki dua NPWP dua buah (dua kali pendaftaran).  "Cukup satu kartu. Namun, nanti dilaporkan dengan nomor seri berbeda. Itu yang belum diketahui oleh mayarakat. Terkadang masing masing buat kartu NPWP sendiri, padahal tak perlu," ujarnya.
    Adapun membayar pajak bagi yang suami istri, sambung Budi, cukup hanya satu saja. "Jadi tak perlu lagi membayar dua," katanya.
    Pendaftaran NPWP tidak dipungut biaya alias gratis. Proses mendapatkan NPWP sebenarnya mudah, murah dan sederhana.  "Sebenarnya ada ketentuan Wajib Pajak melampirkan kartu tanda penduduk dan surat keterangan lainnya. Namun, itu sifatnya tidak mengikat. Terpenting, pemohon mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap sesuai dengan kenyataan," lanjut Budi.
    Pihaknya memberikan pelayan sebaik dan semudah mungkin. Artinya, meskipun tanpa melampirkan identitas, pihaknya akan tetap melayani pemohon NPWP. Persyaratan untuk pembuatan NPWP yang sifatnya tidak mengikat, yakni untuk wajib pajak pribadi status pegawai/karyawan. Syaratnya fotokopi KTP atau identitas lainnya dan surat keterangan bekerja dari kantornya.
    Wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha wiraswasta, persyaratnnya yakni fotokopi KTP atau identitas lainnya. Surat keterangan tempat tinggal dari instansi yang berwenang, serta surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang.
    Wajib pajak untuk badan, persyaratannya yakni fotokopi KTP atau identitas lainnya. Surat keterangan tempat tinggal dari salah seorang pengurus aktif dari instansi yang berwenang. Fotokopi akta pendirian serta surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang.
    Sementara untuk wajib pajak bendahara pemerintah, persyaratannya yakni fotokopi KTP atau identitas lainya dan fotokopi surat penunjukan sebagai bendahara pemerintah. Setiap pajak yang dibayarkan oleh warga Negara Indonesia diperuntukan bagi kepentingan Negara. Dana dari pajak diperuntukan bagi fasilitas publik dan kepentingan umum, seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya.
    Secara umum tujuan adanya pajak adalah untuk memperoleh dana yang digunakan untuk pembangunan, pertahanan negara, kesejahteraan dan pelayanan umum masyarakat serta biaya rutin administrasi negara.
    "NPWP berfungsi untuk mengetahui identitas Wajib Pajak. Untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan dalam pengawas administrasi perpajakan. Serta untuk keperluan yang berhubungan dengan dokumen perpajakan. Makanya, semua yang berhubungan dengan dokumen perpajakan harus mencantumkan NPWP," tambah Budi.
    Untuk mendapatkan pelayanan dari instansi-instansi tertentu juga diperlukan mencantumkan NPWP, misalnya sesuatu yang berhubungan dengan perbankan seperti kredit atau pinjaman. (mtb)


Fokus ke Sentra Bisnis
    HINGGA 2010, wajib pajak (WP) orang pribadi yang aktif sebanyak 31.702 atau 32,8 persen dari jumlah wajib pajak orang pribadi terdaftar sebanyak 9.6654 orang. Sedangkan data hingga September 2011, Kantor Pajak Pratama Banjarmasin telah mengumpulkan hasil pajak sebesar Rp 939.972.047.202. Namun, menurut kepala kantor tersebut, Budi Wiyanto, hasil pengumpulan itu masih belum mencapai target.
    "Kalau targetnya Rp 1,678 triliun, sementara kami baru mengumpulkan 56 persennya saja," jelas Budi.
    Dikatakannya, perlu adanya upaya jemput bola oleh petugas. "Makanya kami menyambut baik adanya program sensus pajak dari Pusat," ujarnya.
    Menurut dia, sensus pajak tersebut sebagai upaya perluasan basis pajak, pendataan dan lainnya.
    "Di Banjarmasin sudah berjalan selama empat hari ini. Sasarannya adalah orang pribadi dan badan yang yang berada di lokasi sentra bisnis atau perdagangan, semisal mal, pusat perbelanjaan, kawasan ruko, pasar dan kawasan permukiman," terangnya.
    Mengenai tindakan bila ditemukan ada yang tidak taat pajak, menurut Budi terlebih dulu akan dilakukan pendekatan secara persuasif dengan memberikan pemahaman dan sosialisasi.
    "Apabila langkah ini tidak memberikan hasil, maka akan ditempuh sanksi administrasi atau sanksi pidana sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," tegas Budi Wiyanto. (mtb)


Persyaratan Permohonan NPWP
* WP pribadi status pegawai/karyawan:
- Fotokopi KTP atau identitas lainnya
- Surat keterangan bekerja dari kantor bekerja
* WP orang pribadi yang menjalankan usaha wiraswasta:
- Fotokopi KTP atau identitas lainnya
- Surat keterangan tempat tinggal dari insatnsi yang berwenang.
- Surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang
* WP Badan:
- Fotokopi KTP atau identitas lainnya
- Surat keterangan tempat tinggal dari salah seorang pengurus aktif dari instansi yang berwenang
- Fotokopi akta pendirian
- Surat keterangan tempat kegiatan usaha dari instansi yang berwenang
* WP bendahara pemerintah
- Fotokopi KTP atau identitas lainya.
- Fotokopi surat penunjukan sebagai bendahara pemerintah

Cara Pengurusan NPWP:
- WP mendaftarkan diri di Kantor Pelayanan Pajak (KPP)
- WP mengisi Formulir Permohonan Pendaftaran Wajib Pajak
- WP menyerahkan Formulir Permohonan Pendaftaran Wajib Pajak
- WP menerima Bukti Penerimaan Surat (BPS)
- Waktu penyelesaian NPWP paling lama satu hari kerja
- Pendaftaran NPWP tidak dipungut biaya alias gratis
Sumber : Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banjarmasin
Open Your Mind

{ 4 komentar... read them below or add one }

Nama ilmiah tanaman said...

Wah kebetulan Lun mau buat NPWP hehe biar gak di bilang "apa kata dunia"

Foto Lucu said...

uniknya pajak adalah kita menghitung sendiri dan membayar sendiri, peraturan pemerintah dan perda sekarang lebih banyak melibatkan pajak dan NPWP di beberapa sektor lokasi, contohnya ya diatas, mau ngambil KPR kudu punya NPWP, pajak digalakkan sebagai pemasukan daerah, padahal masih banyak sektor yang harus di gali lagi, misalnya perkebunan sawit dan tambang batubara. cukuplah untuk membuat daerah kaya kalo kedua hal tersebut di kelola dengan baik oleh pemerintah daerah, bukan hanya individu saja yang merasakannya tapi rakyat juga harus di libatkan, karena itu adalah tanah rakyat juga.

Kaget said...

Kalau begitu saya urus cuma satu donk, ngga perlu 2 npwp. Mubazir :D

Unknown said...

Nama ilmiah tanaman: Yoi, lakasi bung..

Foto lucu: saya setuju aja deh..

Kaget: Betul sekali bro..

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house