Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Bikin Sertifikat Gratis untuk Pelaku UKM
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Bikin Sertifikat Gratis untuk Pelaku UKM

Diposkan oleh Unknown on Friday, December 7, 2012


     OPEN YOUR MIND. RASA gembira terpancar di wajah Mahliana Diana dan Rusmawati. Perempuan yang kesehariannya bekerja sebagai pembuat kue kering dan Makaroni ini memang memiliki usaha katering. Sebagai pelaku usaha  kecil dan menengah (UKM) keinginan memiliki sertifikat tanah akhirnya kesampaian. Bahkan Mahliana sudah menerima sertifikat tanahnya yang penyerahannya dilakukan oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, Irwan Anshari.
    "Tanah saya ini sejak 1990 lalu hanya berupa segel. Mau menaikkan derajatnya menjadi tanah bersertifikat tak ada uangnya. Saya dengar, membikin sertifikat biayanya jutaan rupiah, jadi saya tidak berani mengurusnya," kata Mahliani, warga Jalan Pramuka Gang Teratai II RT 7, Pemurus Luar, Banjarmasin.
      Sewaktu mengikuti pelatihan UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin, dia mendengar informasi ada program dari Kementerian UKM dan BPN Pusat. Program tersebut adalah gratis bikin sertifikat tanah bagi pelaku UKM. Tujuannya, jika telah memiliki sertifikat maka bisa dijadikan agunan ke bank untuk menambah modal.
     Mahliani bersama pelaku UKM lainnya mengajukan permohonan ke Dinas Koperasi dan UKM Kota Banjarmasin agarnya tanahnya besertifikat. "Ternyata permintaan kami direspons positif. Malah, petugas BPN melalui mobil keliling datang ke tempat kami memberikan penyuluhan tentang persyaratan yang harus dipenuhi sebelum membikin sertifikat tanah," kata Mahliani.
    Beberapa temannya yang persyaratan kurang lengkap, timpal Rusmawati diminta dilengkapi. "Kami kurang mengerti tentang prosedur dan cara pembuatan sertifikat tanah. Untungnya petugas Koperasi dan UMKM Kota maupun BPN Banjarmasin mau membantu dan membimbing kami hingga bisa selesai dengan cepat," kata dia.
     Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin, Gusti Irwan Mirza mengatakan, program Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) merupakan program dari Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pusat. "Kita mengusulkan sebanyak 100 pelaku UKM di Kota Banjarmasin memiliki tanah tapi belum bersertifikat," paparnya yang didampingi Kabid Pembinaan Koperasi dan UMKM, Rakhmadi.
     Pemerintah berharap, pelaku usaha kecil ini bisa menggunakan sertifikat untuk mengembangkan usaha seperti dengan mengagunkan ke bank untuk menambah modal. Sementara itu, Kasi Survei, Pengukuran dan Pemetaan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarmasin, Amran Simatupang didampingi Koordinator pembuatan sertifikat tanah pelaku UKM, Endah Noor Cahaya mengatakan, pihaknya menerima usulan pembuatan sertifikat dari 100 pelaku UKM.
      "Setelah kami verifikasi, hanya 94 orang yang telah memenuhi  syarat untuk dibikinkan sertifikat tanah dan sisanya terpaksa kita tunda dulu," kata Amran. (*)

Ternyata Syaratnya Mudah
     SEMULA Mahliana tak percaya ada bantuan membikin sertifikat tanah secara gratis yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarmasin.
    "Saya sempat bertanya-tanya apakah memang sekarang ini ada gratis dalam membikin sertifikat tanah. Ternyata setelah petugas BPN datang ke tempat kami memberikan penyuluhan tentang persyaratan membikin sertifikat tanah, barulah saya yakin," kata ibu beranak dua yang sehari-harinya berjualan kue kering dan makaroni ini.
    Dia menambahkan dalam mengurus sertifikat tanah yang diprogramkan SHAT ini sangat mudah, asalkan persyaratan lengkap. "Kalau ada kekurangan, pasti diminta petugas BPN melengkapinya," kata Mahliana.
  Kasi Pengendalian dan Pemberdayaan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarmasin, mengatakan, syarat membikin sertifikat tanah harus melengkapi dengan membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK),  surat tanda lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
   Selain itu, tanahnya sudah memiliki segel atau alas hak pemohon. "Kami biasa meminta pemilik tanah menceritakan riwayat tanah. Juga menanyakan apakan apakah ada kwitansi jual beli tanah. Bila hilang, kami minta melengkapinya," katanya.
  Dia mengatakan, keterlambatan selesai membikin tanah akibat persyaratan pemohon tak lengkap administrasi, sehingga terpaksa diminta melengkapinya. Kasi Survei, Pengukuran dan Pemetaan pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Banjarmasin, Amran Simatupang menambahkan untuk proyek SHAT 2013 agar semua administrasi berkaitan pembuatan sertifikat secara gratis bagi pelaku UKM dilakukan lebih awal.
   "Sebaiknya programnya dimulai awal 2013, sehingga kami punya banyak waktu mengerjakannya. Para pelaku UKM yang akan memanfaatkannya buat meminjam uang ke Bank pun bisa lebih cepat," sarannya. (*)

Gratis Jika Kurang Rp 60 Juta
     RUSMAWATI kebingungan untuk mengembangkan usaha kateringnya. Mau meminjam modal ke bank, tak ada barang bisa dijadikan jaminan. Tanah miliknya berukuran 10 x 15 meter sudah berusia 11 tahun, dokumennya hanya berupa segel. Sedangkan mau mengubah jadi sertifikat dia tidak punya uang.
      Program bikin sertifikat gratis bagi pelaku UKM yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin bekerja sama dnegan BPN Kota Banjarmasin, membuat Rusmawati memiliki asa untuk menambah modal guna mengembangkan usaha.
      "Saya berencana akan mengembangkan usaha katering dengan meminjam uang ke bank, sehingga bisa lebih maju lagi. Selama ini usaha katering saya hanya kecil-kecilan akibat kecilnya modal," ujar dia.
      Rekannya, Diana menambahkan, sewaktu mengurus pembuatan sertifikat tanah tidak dipungut biaya sama sekali oleh Dinas Koperasi dan UMKM maupun BPN. "Kami tak keluar uang satu sen pun dalam membuat sertifikat. Malah kami sangat dibantu dengan baik. Bila kurang lengkap kami diminta melengkapinya hingga bisa selesai pembuatannya," kata Diana.
       Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin, Gusti Irwan Mirza mengakui program ini gratis. Adapun persyaratannya cukup mudah, asalkan pelaku UKM ada usaha jelas dan tanahnya belum bersertifikat.
       "Ada tiga cara memilih pelaku UKM yakni melalui usulan dari kelurahan, data dari dinas koperasi dan UMKM yang mengikuti pelatihan serta berdasarkan perjalan dinas di lapangan hingga didapat 100 orang," ujar Irwan.
      Namun, sebelum seluruhnya diusulkan ke BPN untuk dibikinkan sertifikat tanah, pihaknya melakukan survei ke lapangan apakah informasi itu benar adanya. "Ini agar orang yang mendapatkan bantuan sesuai dengan tujuan dan petunjuk dari Kementerian Koperasi dan UKM yakni pelaku UKM," kata Irwan.
       Kasi Survei Pengukuran dan Pemetaan pada BPN Kota Banjarmasin, Amran Simatupang mengatakan, dalam mengurus sertifikat bagi pelaku UKM tidak ada biaya sama sekali asalkan harganya tanahnya di bawah Rp 60 juta.
    "Bila harga tanahnya di atas Rp 60 juta akan kena biaya tambahan sesuai dengan NJOP. Namun kisarannya tidak terlalu besar," kata dia.
      Berdasarkan hasil survei di lapangan, jelas Amran, sebagian besar harganya tanahnya di bawah Rp 60 juta, sehingga tak ada kena biaya tambahan. (*)

 Sertifikat Gratis untuk Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM):
- Ada usaha yang jelas
- Memiliki tanah tapi belum bersertifikat

Pelaku UKM Dipilih:
- Bersumber dari kelurahan masing-masing
- Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin berdasarkan pelatihan
  UKM
- Petugas Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarmasin melakukan
  pemantauan langsung ke lapangan

Tentang Pembuatan Sertifikat Gratis Pelaku UKM:
- Jumlah Diajukan sebanyak 100 pelaku UKM
- Sebanyak 94 orang bisa direalisasikan
- Enam belum bisa terealisasi karean persyaratan kurang dan
  dimasukkan 2013
- Merupakan program Kementerian Koperas dan UKM bekerjasama BPN
  Pusat

Syarat Bikin Sertifikat di BPN Kota Banjarmasin:
- Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Memiliki segel atau alas hak pemohon
- Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
- Surat tanda lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
------------------------------------------------------
Sumber: dirangkum dari metro banjar
Foto:


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house