Pasang Saluran Limbah Gratis

Diposkan oleh royan naimi on Wednesday, October 5, 2011

   OPEN YOUR MIND. SELAIN air bersih dapat diperoleh dari PDAM, masyarakat Kota Banjarmasin juga bisa menikmati air bersih hasil air limbah. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana pengelolaan air limbah tersebut.
    Seperti yang dipertanyakan oleh Ani, warga jalan Lingkar Basirih Banjarmasin Barat. "Itu perlu Mas, kalau-kalau nanti air PDAM macet, jadi biar bisa tersedia, maka perlu dilakukan olahan air limbah yang sudah bersih tadi. Namun, aku tak tau bagaimana cara memasangnya," katanya.
    Bukan hanya dia, warga yang tinggal di kawasan Banjarmasin Tengah pun memerlukan adanya air tersebut, guna persedian untuk MCK. "Ya, itu penting juga sebagai cadangan untuk MCK bila air PDAM tersendat," kata Oktong warga Jalan Pasar Lama, Banjarmasin Tengah.
    Sementara itu, Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Kota Banjarmasin, Muhidin didampingi Kabid Umumnya, Rully Erhandi menjelaskan memang air dari PD PAL berasal dari air limbah adalah air buangan dari suatu lingkungan masyarakat baik yang berasal dari rumah tangga, industri atau pertanian.
    Limbah rumah tangga (limbah domestik) yang terdiri atas buangan tubuh manusia (tinja dan urine), buangan dapur (penyiapan makanan dan pencucian peralatan dapur) dan kamar mandi (yang berasal dari pembersihan badan dan pencucian pakaian), jika dibuang langsung ke sungai tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu akan menyebabkan turunnya kualitas air (baik air tanah maupun air permukaan/sungai).
    "Namun lambat laun kebutuhan yang akan sangat mendesak ketika dampak negatif mulai dirasakan, seperti ancaman terhadap kesehatan manusia, pencemaran air tanah serta badan air (sungai) dan lain sebagainya, air bersih dari air limbah tersebut pasti dimanfaatkan. Dan rugi bila tidak diolah," ujarnya.
    Saat ini, sambungnya, lokasi pengelolaan air limbah itu terdapat di empat titik yang ada di kawasan Banjarmasin, yang sementara ini bisa dilayani menggunakan jaringan pipanisasi.
    "Kawasan jaringan air limbah meliputi, kawasan Lambung Mangkurat (IPAL I) Jl Lambung Mangkurat (samping DPRD Kota Banjarmasin/belakang Bank Kalsel), Kantor PD PAL Kota Banjarmasin, Kawasan Pekapuran (IPAL II), Kawasan HKSN (IPAL III) Jl HKSN (samping Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara), serta di Kawasan Basirih (IPAL IV) Jl Garuda RT 61 Kelurahan Basirih Selatan Kecamatan Banjarmasin Selatan," paparnya.
    Diterangkannya, bagi warga yang ingin memperoleh pemasangan sambungan baru saluran air limbah, bisa langsung menyerahkan fotokopi KTP, rekening PDAM di tempat pelayanan PDAM dengan mengisi beberapa formulir yakni 1, 2 dan 3.
    Fomulir satu adalah untuk memudahkan dilakukannya Survei Staf Hubungan Pelanggan dan Staf Perencanaan dan Evaluasi. Formulir kedua untuk menggambarkan kondisi pemasangan pipa SR (Sambungan Rumah). Dari situ, Staf Perencanaan dan Evaluasi membuatkan RAB dan Gambar Perencanaan (menghitung biaya pemasangan), serta staf jaringan dan pengolahan/operator melakukan pelayanan pemasangan SR.
    "Sedangkan fomulir tiga berisi tentang pernyataan pelanggan  setuju, dan pekerjaan penyambungan SR selesai," katanya.
    Untuk proses pemasangan sambungan rumah baru diperlukan paling lama satu minggu. "Dalam proses sambungan rumah baru diperlukan, survei lokasi, menggambar peta posisi bangunan yang akan dilayani, membuat SPK sambungan baru dan pelaksanaan pemasangan sambungan rumah," ujarnya.
    Bagaimana untuk masyarakat yang di luar kawasan pelayanan jaringan air limbah? Untuk melayani masyarakat di luar kawasan pelayanan jaringan air limbah, PD PAL Banjarmasin menyediakan bentuk pelayanan dengan mobil khusus penyedot limbah, sesuai dengan permintaan kebutuhan masyarakat.
    "Bentuk pelayanan mobil ini bisa juga untuk mengatasi permasalahan masyarakat terhadap WC/septic tank-nya yang bermasalah. Untuk masalah yang berhubungan dengan pelayanan pelanggan untuk pelayanan mobil tinja/pembersihan drainase, dapat menghubungi Pelayanan Pelanggan PD PAL Kota Banjarmasin," ujarnya. (mtb)


Pemasangan Gratis

    UNTUK pemasangan sambungan rumah baru pelanggan PD PAL tidak akan dikenai biaya atau gratis. Kemudian, pelanggan juga gratis selama enam bulan tarif jasa pelayanan air limbah. Setelah memasuki bulan ketujuh baru ditagih).
    Hal itu diungkapkan oleh Direktur Perusahan Daerah (PD) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Kota Banjarmasin, Muhidin didampingi Kabid Umumnya, Rully Erhandi, Kamis (29/9).
    Sistem tarif pelayanan pengelolaan air limbah telah diatur dalam Peraturan Walikota No 16 Tahun 2006 tentang Tarif Jasa Pelayanan Pengelolaan Air Limbah Kota Banjarmasin.
    Bagi pelanggan PD PAL yang juga berlangganan PDAM, besarnya biaya pelayanan  pengelolaan air limbah ditentukan 25 persen dari jumlah pemakaian air bersih untuk setiap golongan pelanggan. Ini ditagih langsung dari rekening PDAM.
    "Jaringan pengumpul dilengkapi Bak Kontrol (IC) dan Manhole (MH) untuk kemudahan dalam pemeliharaan jaringan, sehingga Air Limbah dapat mengalir dengan baik. Saat ini, untuk biaya pemasangan SR digratiskan," ujarnya.
    Dia menambahkan, sistem perpipaan Sambungan Rumah (SR) menggunakan pipa berdiameter 100 mm (4 inci) yang dihubungkan ke jaringan pipa pengumpul yang berdiameter lebih besar. (mtb)


Alur Berlangganan Saluran Air Limbah:
- Menyerahkan fotokopi KTP
- Rekening PDAM
- Mengisi fomulir satu (Survei Staf Hubungan Pelanggan dan Staf Perencanaan dan Evaluasi)
- Membawa fomulir dua (gambaran kondisi pemasangan pipa Sambungan Rumah)
- Mengisi fomulir tiga (pernyataan pelanggan setuju dan pekerjaan penyambungan SR selesai).

Empat kawasan Ipal di Banjarmasin:
- Lambung Mangkurat (IPAL I) di Jalan Lambung Mangkurat (samping kantor DPRD Kota 
  Banjarmasin/belakang Bank Kalsel)
- Kantor PD PAL Kota Banjarmasin, kawasan Pekapuran (IPAL II)
- Kawasan HKSN (IPAL III) Jl HKSN (samping Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara)
- Kawasan Basirih (IPAL IV) Jl Garuda RT 61 Kelurahan Basirih Selatan Kecamatan Banjarmasin Selatan
Sumber: PD PAL Kota Banjarmasin
Open Your Mind

{ 4 komentar... read them below or add one }

Post a Comment