Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Diposkan oleh Unknown on Tuesday, October 28, 2014

    OPEN YOUR MIND. Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, menyesalkan sebagian perusahaan dan pengusaha di  kota ini masih tidak menghiraukan Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bagi para pekerjanya.
    "Padahal tak memperhatikan keselamatan kerja bagi karyawan atau pekerja atau  itu nanti ruginya jauh lebih banyak," ucap Purwoko,  Kabid  Pembinaan, Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, dikutip dari Metro Banjar.
    Menurut Purwoko, K-3 seharusnya benar-benar dipahami oleh para pimpinan dan petinggi di perusahaan sehingga ada kesadaran untuk menerapkan K-3 di semua unit atau bidang kerjanya. Objek pengawasan dinas tenaga kerja, yakni meliputi  hal sifatnya normatif seperti upah dan pengawasan K-3.
    "Untuk K-3, kita awasi  masalah orang, alat dan lingkungan kerja di perusahaan," ujar Purwoko.
    Purwoko mencontohkan di sebuah perusahahan tambang wajib memberikan alat perlindungan diri seperti  sepatu, helm, makser dan sarung tangan. Dan alat perlindungan diri itu harus diberikan gratis ke pekerjanya.  "Alat  perlindungan diri untuk karyawan tak boleh dijualbelikan," ucapnya.
    Dijelaskan Purwoko, sesuai peraturan menteri transmigrasi RI, No 8/MEN/VII/2010, alat perlindungan diri wajib diberikan gratis untuk karyawan. Dengan memberikan alat perlindungan diri ke karyawan, maka resiko kecelakaan kerja dan biaya untuk pengobatan akan lebih kecil.
    Selama ini, sambung Purwoko, sebagian perusahaan masih menganggap  masalah K-3 itu sebagai biaya tinggi. Akibatnya K-3 dinomertujuhbelaskan. Padahal, kalau sudah terjadi kecelakaan kerja biayanya bisa jauh lebih mahal. "Uang triliunan rupiah bisa lenyap dalam sekejab dan aset perusahaan bisa musnah seketika," ujarnya.
    Purwoko menambahkan kecelakaan yang terjadi karena perusahaan tak melakukan pelatihan terhadap karyawan untuk menggunakan alat-alat yang beresiko kebakaran. Begitu dioperasikan oleh pekerja yang tidak terampil, alat pun membakar kantor dan gedung.
    Sama halnya perusahaan yang memakai lift untuk akses ke lantai di atasnya. Dengan alasan penghematan, perusahaan tidak melakukan service rutin terhadap lift. Suatu saat ini liftnya rusak dan anjlok.
    "Karyawan yang berada di lift  tewas semua. Akhirnya, kerugian materi dan non materi yang tak terhitung pun terjadi. Siapa yang rugi. Kan perusahaan," ucap Purwoko.     Ada tiga cara pencegahan sebelum memakai alat perlindungan diri. Pertama, teknis substitusi, yakni mengganti  bahan-bahan berbahaya dengan persamaannya yang aman bagi pekerjanya.
    "Seperti pabrik lem itukan memakai bahan berbahaya. Bagaimana salah satu bahan berbahaya itu diganti bahan sejenis agar tidak membahayakan para karyawannya. Jadi bahan fungsi sama tapi lebih aman,"  ucap Purwoko,  Kabid  Pembinaan, Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin.
    Ditambahkan Purwoko, teknik pengendalian. Perusahaan wajib mengurangi dan meminimalisasi dampak buruk dari sebuah ruangan atau pabrik berisiko kesehatan bagi pekerjanya.  Misalnya pabrik itu sangat pengap. Akibatnya, sebentar-bentar karyawan  mencari minum dan keluar keringat.
    "Kondisi ini bisa diakali dengan membuat ventilasi yang cukup di pabrik tersebut. Selain itu memasang  alat penyedot panas," ujar Purwoko.
    Cara yang ketiga, lanjut Purwoko, teknis penyadaran. Perusahaan memberikan pelatihan  K-3 kepada semua pekerja di perusahaannya. Dengan melakukan pelatihan K-3, resiko kecelakaan kerja bisa dikendalikan.
    Dinas tenaga kerja, imbuh Purwoko, senantiasa  melakukan pengawasan berkala kepada perusahaan dan para pengusaha. Khusus pemeriksaan perusahaan, dimana ada kecelakaan kerja aparat dinas tenaga kerja akan ke lokasi terjadinya kecelakaan kerja tersebut.
    "Kita melakukan pengawasan baik manusia, alat dan lingkugannya," ucap Purwoko.
Perusahaan pun, kata Purwoko, wajib membuat standar operational prosedure (SOP) di setiap bidang perusahaan. Diharapkan jika terjadi kecelakaan kerja, baik perusahaan maupun pengawas tenaga kerja dapat dengan mudah dimana penyebabnya karena ada SOP. "Evaluasi dan pembenahan sistem kerja pun akan lebih mudah," ucapnya. (*)

Jika Terjadi Kecelakaan Kerja:
* Petugas pengawas tenaga kerja ke lokasi kejadian.
*  Dilengkapi surat tugas, pengawas tenaga kerja memeriksa siapa pimpinan perusahaan, alamat, dan
    saksi-saksi
* Petugas mencari penyebab kecelakan kerja
* Empat usur yang diperiksa pengawas, yakni alat, orang, lingkungan dan manajemen.
*  Penyebab dari faktor manajemen seperti jika karyawan sudah berkali-kali minta alat
    perlindungan dari tapi tak dihiraukan oleh perusahaan
* Faktor penyebab dari lingkungan jika oli tercecer di beberapa lingkungan perusahaan,
* Faktor alat jika seperti lift tak pernah diservice sehingga menimbulkan karyawan meninggal
   dunia karena lift-nya anjlok
* Faktor manusia jika pekerja tak pernah diberi pelatihan keselamatan kerja

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house