Your PR could be refused to Austraia, even if you can pass the points test, if your score is less than you listed in your EOI. Use skillselect.com.au to get the best migration agent to help with your skillselect application and to find migration agents nycairportslimo made a real revolution in the industry. read more for a dependable seller that will give you the inkjet labels you're looking for quickly and easily. Visit seo salt lake city to find out more regarding Find all the info that you need about " worm gearmotors varvel " at www.varvel.com. Waspada Demam Berdarah
In case you're interested in knowing more info on high yield investments, stop by kingsbarn.com visit this page for a dependable seller that will give you the 여우알바 you're looking for quickly and easily. Trying to find park place residences parkplacesresidences ? Check out this page: https://parkplacesresidences.com.sg Visit http://qualityassociates.org to find out more regarding ISO9001 Consulting. In case you're interested in knowing more info on Connecticut Limo, stop by www.ctairlink.com/

Waspada Demam Berdarah

Diposkan oleh Unknown on Thursday, August 18, 2011

     MEMASUKI musim penghujan kita dituntut harus waspada. Selain bahaya banjir, beragam jenis penyakit juga bisa menimpa kita. Satu di antaranya yakni penyakit demam berdarah dengue (DBD).   Demam berdarah dengue adalah penyakit febril akut yang ditemukan di daerah tropis, yang penyebaran geografisnya mirip dengan malaria.
     Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus dari genus flavivirus, famili flaviviridae. Setiap serotipe berbeda-beda sehingga tidak ada proteksi silang. Wabah yang disebabkan beberapa serotipe (hiperendemisitas) pun dapat terjadi. Demam berdarah sendiri disebarkan kepada manusia oleh nyamuk aedes aegypti.
    Kepala Puskesmas S Parman, Jalan Antasan Kecil Barat, Banjarmsin Barat, dr Hj Widi Utami mengatakan, cara tepat untuk memberantas nyamuk aedes aegypti adalah membunuh jentik-jentik di tempat berkembang biaknya. Cara ini dikenal sebagai "Gerakan 3M" (menguras, menutup dan mengubur).
    "Tempat berkembang biaknya nyamuk terdapat di rumah-rumah dan tempat umum, maka setiap keluarga harus melaksanakan "3M" secara teratur sekurang-kurangnya seminggu sekali," kata Widi Utami.
    Dijelaskan dia, pelaksanaan "3M" di rumah dan halaman masing- masing, sebaiknya melibatkan seluruh keluarga. Beberapa langkah harus dilakukan, misalnya menguras bak mandi sekurang-kurangnya satu minggu sekali, menutup rapat-rapat tempat penampungan air, mengganti air vas bunga/tanaman air seminggu sekali.
    Kemudian, mengganti air tempat minum burung, menimbun barang- barang bekas yang dapat menampung air. Lalu, menabur bubuk abate atau altosid pada penampungan air yang sulit dikuras atau di daerah yang air bersih sulit didapat seperti penampungan air hujan. dianjurkan memelihara ikan di tempat-tempat penampungan air.
    Selain penerapan 3M, Hj Widi Utami juga menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit demam berdarah.
    Melakukan kebiasaan baik, seperti makan makanan bergizi, rutin olahraga, dan istirahat yang cukup. Memasuki masa pancaroba, perhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal. Fogging atau pengasapan hanya akan mematikan nyamuk dewasa, sedangkan bubuk abate akan mematikan jentik pada air. Keduanya harus dilakukan untuk memutuskan rantai perkembangbiakan nyamuk.
    "Idealnya, membersihkan lingkungan rumah harus serentak dilaksanakan warga setempat, karena nyamuk bisa berpindah tempat hingga jarak 200 meter dari asalnya," lanjut Widi.
    Untuk gejala demam berdarah, perempuan berkerudung itu menjelaskan penderita mengalami demam mendadak selama dua sampai tujuh hari.
    Muka penderita juga kemera-merahan, kurang nafsu makan, nyeri perut, muntah-muntah, nyeri kepala, nyeri otot dan sendi. Adanya bintik-bintik merah di kulit serta pendarahan digusi.
    Menggigil dan terasa ngilu tulang, merasakan dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa ngilu menusuk tulang. Buang air besar berwarna hitam dan keras. Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah.
    Sakit saat mata memandang ke samping, atau melirik ke kiri dan kanan. Tengkuk sakit, terkadang juga terjadi pembengkakkan pada tengkuk dan terasa sakit.
    Kondisi waspada perlu disikapi dengan pengetahuan yang luas oleh penderita maupun keluarga. Harus segera berkonsultasi ke dokter apabila pasien/penderita mengalami demam tinggi tiga hari berturut-turut.
    Banyak penderita atau keluarganya meremehkan penyakit tersebut. Mereka menganggap gejala-gejala itu cukup ringan.
    Lama penyerangan demam berdarah, umumnya sekitar enam atau tujuh hari dengan puncak demam yang lebih kecil terjadi pada akhir masa demam.
    "Penyakit demam berdarah terkait dengan daya tahan tubuh, sehingga bisa terjadi perdarahan dan syok, bahkan kematian. oleh karena itu setiap orang yang diduga menderita penyakit demam berdarah harus segera dibawa ke puskesmas, dokter ataupun rumah sakit," tegas Hj Widi. (mtb)

 
Galakkan Terus Jumat Bersih

    JIKA ada salah seorang penghuni positif atau diduga menderita DBD, segera semprotlah seluruh bagian rumah dan halaman dengan obat nyamuk pada pagi, siang dan sore hari, sekalipun penderita tersebut sudah dirawat di rumah sakit.
    Segera hubungi puskesman terdekat untuk meminta fogging di rumah-rumah di lingkungan yang berjarak radius 200 meter dari tempat tinggal penderita demam berdarah.
    Pencegahan secara masal di lingkungan melibatkan warga RT/RW/kelurahan dan puskesmas, melakukan pembersihan sarang nyamuk (PSN), fFogging, atau memutuskan mata rantai pembiakan aedes aegypti dengan abatisasi.
    Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Hj Diah R Praswati. Dirinya mengimbau masyarakat bersama aparat dari RT dan kelurahan melalui pembinanan kecamatan, selalu rutin bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan.
    "Kegiatan Jumat bersih atau minggu bersih harus selalu dicanangkan di tiap desa untuk mencegah berkembangnya berbagai wabah penyakit. Jangan setelah terjadi musibah, baru kegiatan gotong royong dilaksanakan," kata Hj Diah.
    Ditambahkannya, nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah termasuk jenis nyamuk elit, karena bersarang di air yang jernih. Nyamuk itu tidak mau bersarang di air kotor seperti comberan.
    "Pada 2009 lalu ada 77 kasus demam berdarah. Tiga di antaranya meninggal dunia. Sedangkan pada 2010, berkurang menjadi 60 kasus, lima di antaranya meninggal dunia," jelas Hj Diah.
    Pihaknya selalu berupaya melaksanakan sosialisasi dan pencegahan dini untuk mencegah wabah penyakit demam berdarah. Kerjasama dengan kelurahan secara insentif yakni pelaksanaan fogging di 50 kelurahan di Banjarmasin. Tiap satu kelurahan dilaksanakan fogging di lima titik secara gratis.
    Kegiatan itu dilaksanakan pada akhir tahun lalu. Di tiap kelurahan ada tiga jumantik (juru pemantau jentik) yang selalu memantau situasi dan kondisi terbaru. Selain itu, ada juga pembagian abate secara gratis. (mtb)


Gejala Demam Berdarah
1.    Demam mendadak selama 2-7 hari
2.    Muka kemerah-merahan
3.    Kurang nafsu makan, nyeri perut dan muntah-muntah.
4.    Nyeri kepala, nyeri otot dan sendi
5.    Adanya bintik-bintik merah di kulit serta pendarahan di gusi
6.    Menggigil dan terasa ngilu tulang, merasa dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa     
       ngilu menusuk tulang
7.    Buang air besar berwarna hitam dan keras
8.    Sakit saat mata memandang ke samping
9.    Tengkuk sakit

Cara Pencegahan
1. Melakukan kebiasaan baik, seperti makan makanan bergizi, rutin olahraga, dan istirahat yang cukup
2. Memasuki masa pancaroba perhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal dan melakukan 3M
3. Fogging atau pengasapan untuk mematikan nyamuk dewasa, sedangkan bubuk abate akan mematikan 
    jentik pada air. Keduanya dilakukan untuk memutuskan rantai perkembangbiakan nyamuk
4. Segera berikan obat penurun panas untuk demam, apabila penderita mengalami demam atau panas tinggi
5. Jika terlihat tanda-tanda penyakit demam berdarah segera bawa penderita ke puskesmas atau rumah sakit
Sumber: Puskesmas S Parman dan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

24/7 Airport service Anywhere Anytime Fast Niagara Falls Taxi For taxi service to Niagara Falls Canada from the Toronto airport try WEGO Taxi Or call 716-449-0001 raxi Cab Service. Serving Niagara Falls and all of the Buffalo Niagara Airport region including WNY and Southern Ontario Canada.
Visit http://payampars.com to find out more regarding intelligent house